Home » Profil » Sejarah » SEJARAH SINGKAT

SEJARAH SINGKAT

SEJARAH SINGKAT

Sekitar akhir tahun 1979 masyarakat Sendang masih punya anggapan bahwa sekolah itu tidak penting, yang penting adalah cari uang. Ditambah lagi mata pencaharian orang Sendang kebanyakan adalah pengrajin emas, yang tidak banyak membutuhkan ilmu dari bangku sekolah. Banyak anak-anak usia sekolah dikenalkan pada pekerjaan ini. Hal ini menambah keyakinan pada orang Sendang pada waktu itu, bahwa untuk menghasilkan uang itu tidak perlu sekolah. Disamping itu bagi mereka yang ingin melanjutkan sekolah ke tingkat Menengah sangat jauh, waktu itu paling dekat di Paciran.

Kenyataan itulah yang menumbuhkan rasa keprihatinan yang mendalam pada diri beberapa tokoh masyarakat. Diantaranya adalah : Drs. YASTUR, MUNASIR, BA, H.AMAN AFANDI, RIS BUDIONO, BA, H. A SYAM, A. THOHIR. Mereka tersebut dan dibantu tokoh masyarakat yang lain, akhirnya berusaha untuk mengubah keadaan dengan cara mendirikan Lembaga Pendidikan formal. Maka tahun 1980 berdirilah sebuah Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Sendang. Namanya adalah SMP MUHAMMADIYAH 12. bertindak sebagai Kepala Sekolah adalah Bapak RIS BUDIONO, BA. Beliau berasal dari Solo yang menetap di Babat. Dalam perjalanan selanjutnya, karena tugas RIS BUDIONO sebagai Pegawai Negeri, Beliau pindah keluar kota (Pacitan). Maka tongkat kepemimpinan SMPM 12 pun pindah ke Bapak Drs.DAWAM SHOLEH (kini pengasuh PP. Al Ishlah), sebagai Kepala Sekolah dan H. A SYAM sebagai wakilnya pada tahun 1985.

Pergantian Kepala Sekolah yang baru, ternyata berdampak positif terhadap perkembangan SMPM 12. berbagai kegiatan untuk meningkatkan mutu lulusannyapun dilakukan. Mulai dari kursus bahasa Arab dan Inggris, kemudian berkembang ke ke pendalaman penguasaan ilmu Agama Islam (diniyah).

Seiring perjalanan waktu, dan ditunjang pemikir-pemikir muda yang ada, maka beberapa terobosanpun dilakukan. Yaitu dengan mengoptimalkan waktu di luar jam pelajaran dengan kegiatan ekstrakulikuler. Diantaranya adalah Pramuka, Olahraga dan Muhadloroh. Dari Kegiatan Ekstra inilah SMPM 12 mulai dikenal masyarakat di luar desa Sendang. Berkat kegiatan ekstra tersebut, SMPM 12 selalu menjadi langganan juara, setiap kali ada lomba, baik ditingkat Kecamatan maupun Kabupaten.

Kini SMPM 12 sudah berkembang sangat pesat. Dibawah Kepala Sekolah AHMAD MUHTAR, S.Pd. SMPM 12 sudah bisa di sejajarkan dengan SMP Negeri baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Bahkan dalam hal-hal tertentu sudah bisa melebihi sekolah-sekolah Negeri. Apalagi sudah satu tahun yang lalu, atas usaha Kepala Sekolah sebelumnya (Drs. ABD. ROHIM) status SMPM 12 sudah menjadi Sekolah Standar Nasional (SSN), tentunya ini juga berdampak positif terhadap perkembangan sekolah ini. Baik dari segi saran-prasarana maupun kualitas tenaga pendidiknya, karena kucuran dana dari pemerintah sangat membantu untuk menuju arah tersebut.

Berbicara tentang prestasi, SMPM 12 kini sudah tidak hanya terbatas pada tingkat Kecamatan atau Kabupaten saja. Tingkat Propinsi (Jatim), bahkan tingkat Nasional pun sekolah ini sudah mulai diperbincangkan. Salah satu buktinya adalah dibidang Kepramukaan, setiap kali ada lomba tingkat Jatim, SMPM 12 selalu ditunjuk untuk mewakili Kabupaten Lamongan. Demikian juga ketika ada Jambore Nasional, SMPM 12 tidak pernah absen untuk mengirimkan ‘duta’nya ke ajang Pramuka tingkat Nasional ini. Bahkan pada tingkat Dunia, sudah 3 kali berturut-turut ikut berpartisipasi dalam even Jambore Dunia Pramuka. Tidak hanya dibidang ekstrakulikuler, dibidang ilmu pengetahuan pun sekolah ini sudah menunjukkan keunggulannya. Misalnya lewat ajang olimpiade Matematika, Sains, Bahasa Inggris, Bahasa Arab dll. Sering dan selalu mendapat juara.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *